Rabu, 08 April 2020

Sosial Media Marketing


Digital Marketing Tangerang - Sosial media marketing merupakan suatu teknik promosi melalui media digital sosial media. Sosial media dapat digunakan untuk membangun keterikatan antara pemilik usaha dengan konsumennya. Sosial media memiliki beberapa fitur-fitur yang unik, yang dapat memungkinkan terjadinya percakapan word of mouth (dari mulut ke mulut) dengan hanya mengklik tombol Share, Like dan Re-tweet saja. 

Digital Marketing Tangerang
Digital Marketing Tangerang

Sosial media menawarkan fitur-fitur menarik serta dapat menjangkau lebih banyak wilayah dengan waktu yang lebih cepat ketimbang menggunakan media iklan konvensional.
Sosial media memiliki pengertian sebagai interaksi sosial yang terjadi antara manusia dalam melakukan komunikasi ataupun saling bertukan informasi melalui perantara media digital. Informasi tersebut dapat berupa gagasan atau berbagai macam konten dalam suatu komunitas virtual. Selain itu sosial media dapat diartikan juga sebagai aplikasi yang dibangun atas dasar ideologi dan teknologi web versi 2.0 yang memungkinkan terciptanya sebuah website yang interaktif.

Ciri Unik Sosial Media
Sosial media memiliki beberapa ciri yang unik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Transparan: sosial media ini bersifat terbuka atau transparan terhadap segala informasi. Sosial media memiliki tujuan untuk menyebarkan informasi agar diketahui oleh publik baik itu oleh individu atau kelompok.
  2. Terdapat dialog: selebritis, brand atau perseorangan dapat menjalin hubungan dan komunikasi interaktif dengan para pengikutnya ataupun dengan para sesama pengguna sosial media lainnya. Terutama bila kalian adalah pemilik dari sebuah bisnis, semakin cepat respon yang kalian tunjukkan kepada calon konsumen kalian, maka calon konsumen akan semakin menyukai produk dan juga pelayanan yang kalian berikan.
  3. Jejaring sosial: para pengguna sosial media saling berhubungan seperti jaring laba-laba yang terhubung satu dengan yang lainnya. Mereka dapat saling berkomunikasi dan menjalin pertemanan dengan para pengguna sosial media yang lainnya, serta dapat saling bertukar informasi. Sebuah komunitas di jejaring sosial media memiliki peranan atau pengaruh yang sangat kuat untuk mempengaruhi para audiensenya.
  4. Multi opini: setiap pengguna sosial media dapat saling mengungkapkan pendapatnya dan juga dapat saling berargumentasi dengan para pengguna lainnya secara interaktif.
  5. Multi form: sosial media memiliki banyak bentuk yang beragam dan terdiri dari banyak channel atau kanal seperti video, portal web, media sosial dan lain sebagainya.
  6. Sebagai media promosi: sosial media dapat juga digunakan untuk melakukan kegiatan promosi karena memiliki beberapa fitur yang dapat mendukung untuk melakukan kegiatan promosi digital.

Lalu, sebenarnya apa Social Media Marketing itu?
Sekarang ini, telah banyak pelaku bisnis yang tidak hanya memiliki blog ataupun website untuk usaha mereka, namun juga mereka memiliki akun media sosial untuk memperkenalkan produk ataupun jasa yang mereka miliki dan untuk menjalin komunikasi yang lebih dekat dengan para konsumen mereka untuk meningkatkan mutu pelayanan dan juga penjualan mereka.

Para pelaku usaha sudah menyadari bahwa komunikasi yang baik tidak hanya terjalin melalui hubungan satu arah saja, tapi juga melalui hubungan timbal balik. Melalui media sosial, mereka dapat mengetahui hal yang diinginkan oleh para konsumen mereka serta dapat mengetahui feedback atau masukan yang dapat mereka jadikan sebagai bahan untuk memperbaiki produk atau jasa mereka miliki serta memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan mereka.

Mengapa Para Palaku Bisnis Harus Memiliki Media Sosial?
Ada beberapa alasan yang harus kalian ketahui mengapa para pebisnis perlu memiliki media sosial meskipun mereka telah memiliki website untuk bisnis mereka. 

  1. Memberitahu kepada khalayak kalau kalian sedang menjalankan sebuah bisnis. Pemberitahuan ini bertujuan untuk menambah jumlah follower atau pengikut yang bisa dijadikan target pasar dan juga memperkenalkan produk kalian dengan jangkauan yang lebih luas dan dengan biaya yang relatif lebih murah.
  2. Melalui sosial media, kalian dapat mengetahui reaksi atau kesan dari para konsumen kalian atas barang atau jasa yang kalian tawarkan atau jual secara online. Hal ini sangat baik untuk mendapatkan feedback dari para konsumen kalian dengan cepat sehingga kalian dapat meningkatkan atau memperbaiki kualitas layanan pada bisnis kalian. Kalian juga dapat merespon komentar dari konsumen kalian dengan mengucapkan terima kasih karena telah menggunakan produk atau jasa milik kalian. Hal itu bisa dijadikan sebagai testimoni untuk menarik para calon koncumen baru kalian.
  3. Sosial media menawarkan komunikasi yang lebih interaktif dengan para pengikut atau followers kalian.
  4. Kalian dapat beriklan di sosial media dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan kalian beriklan di media konvensional. Iklan di media sosial juga lebih terarah dan jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan iklan konvensional.
  5. Sosial media menawarkan kemudahan kepada kalian untuk meluncurkan sebuah produk baru. Kalian dapat mengundang atau mengajak konsumen kalian untuk mencoba produk baru kalian sekaligus memberikan feedback untuk masukan.

Kurang lebih seperti itulah kelebihan dari social media marketing yang termasuk kedalam bagian dari digital marketing. Jika kalian sangat tertarik mengenai dunia digital marketing, kalian bisa membaca artikel yang sudah pernah saya tulis tentang Skill yang harus dimiliki oleh seorangdigital marketer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sosial Media Marketing

Digital Marketing Tangerang - Sosial media marketing merupakan suatu teknik promosi melalui media digital sosial media. Sosial media da...