Kamis, 20 Februari 2020

Digital Marketing vs Traditional Marketing


Digital Marketing - Ketika para pengusaha menghadapi pilihan untuk melakukan pemasaran produk, tentunya para pengusaha mencari media terbaik agar pemasaran yang dilakukan dapat tepat sasaran. Mulai dari memasang iklan pada billboard, koran, radio, dan TV kerap kali dilakukan demi mencapai target sebanyak-banyaknya. Namun saat ini telah muncul istilah digital marketing atau pemasaran digital sehingga teknik marketing yang tidak dilakukan secara offline dijuluki sebagai traditional marketing. Berikut ini adalah perbedaan dari keduanya:

digital marketing
digital marketing

Digital Marketing

Digital marketing seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, adalah suatu usaha untuk memasarkan produk melalui jaringan internet. Seiring perkembangan teknologi, kini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital marketing sebagai strategi yang digunakan untuk memasarkan produk mereka. Beberapa contoh media yang termasuk dalam teknik digital marketing adalah website, media sosial, online advertising, dan email marketing.

Kelebihan dari pemasaran produk melalui digital marketing lebih bersifat personal karena iklan atau promosi yang disampaikan akan langsung mengenai target sasaran yang sudah ditentukan. Selain itu, pebisnis bisa lebih mudah menghitung seberapa akurat media yang digunakan dalam memasarkan produk milik mereka. Kelebihan lain dari digital marketing ini menawarkan biaya yang lebih terjangkau oleh semua pengusaha. Baik itu pengusaha kecil maupun pengusaha besar.

Namun digital marketing ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangannya yaitu target pasar haruslah orang-orang yang mengerti teknologi dan aktif di media sosial, sebab jika mereka tidak mengerti teknologi, produk yang diiklankan pun akan jadi percuma. Di samping itu, beberapa pengguna internet biasanya sangat terganggu dengan kemunculan iklan saat mereka sedang mengakses media sosial, oleh karena itu, buatlah sebuah iklan yang menarik agar pengguna dapat tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang diiklankan.

Traditional Marketing

Teknik marketing ini menggunakan cara-cara “tradisional” untuk mengiklankan suatu produk atau jasa, yang biasanya menggunakan media seperti billboardbannerflyer, atau koran. Seiring perkembangan zaman, traditional marketing mulai merambah ke media elektronik, seperti radio dan TV. Meskipun disebut tradisional, namun traditional marketing tidak selalu menggunakan cara yang bertele-tele dalam mempromosikan iklannya.

Traditional marketing, tentu saja memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah cakupan target yang luas dan mudah dipahami audiens, tidak seperti digital marketing yang kadang membingungkan para pengguna baru di internet karena seringkali muncul dalam bentuk pop-up. Selain itu, jika dilakukan dengan tepat dan dengan cara yang kreatif, dampak yang ditimbulkan bisa lebih menarik dari digital marketing.

Tapi traditional marketing juga memiliki beberapa kekurangan yang membuat digital marketing lebih unggul, yaitu target sasaran yang tidak bisa lebih spesifik. Lalu tidak dapat melakukan interaksi secara langsung dengan target audiens juga menjadi kendala, karena tidak seperti digital marketing yang bisa menggunakan layanan chatbot di website atau admin yang mengurusi akun media sosial, iklan yang ditayangkan melalui media cetak maupun elektronik hanya menyampaikan pesan searah yang tidak dapat direspon langsung oleh audiens. Ditambah lagi, biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih tinggi ketimbang menggunakan digital marketing.

Dibawah ini ada beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membantu anda dalam memilih teknik pemasaran:

Produk yang mau dipasarkan
Sebelum mulai melakukan pemasaran, anda harus pahami dulu produk apa yang mau anda pasarkan. Perkirakan bagaimana nantinya produk itu akan dipasarkan. Setelah itu, tentukan ke mana arah pemasaran produk anda.

Target pasar
Setelah anda sudah memahami produk yang mau dipasarkan, anda juga harus memahami target pasar produknya. Tentukan demografi calon konsumen produk yang akan kamu pasarkan. Sebaiknya gunakanlah teknik traditional marketing jika target pasarmu adalah lansia yang membutuhkan popok celana, misalnya dengan memasang iklan di program TV yang ditonton oleh lansia.

Anggaran
Lakukan perhitungan untuk menentukan media mana yang paling efektif dalam melakukan pemasaran. Biasanya, memasarkan produk dengan teknik traditional marketing akan memakan lebih banyak biaya, karena area untuk menayangkan iklan seperti koran atau billboard hanya tersedia dalam jumlah terbatas sehingga tidak banyak produk yang dapat dipasarkan.

Psikologi konsumen
Faktor yang satu ini biasanya lebih banyak diterapkan di digital marketing yang hanya dapat diakses menggunakan internet. Pasalnya, psikologi konsumen seperti hobi, kebiasaan, atau gaya hidup hanya dapat diketahui jika pemasar mempunyai akses internet dan media sosial. Tapi setidaknya, anda harus memahami dasar dari psikologi konsumen.

Kesimpulan
Baik itu digital marketing ataupun traditional marketing sama sama mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing, tergantung dari apa yang anda butuhkan. Jika anda ingin melakukan pemasaran yang dapat berinteraksi langsung dengan calon konsumen, gunakan teknik digital marketing.

Jika target pasarmu adalah orang-orang yang tidak berhubungan langsung dengan internet atau media sosial, traditional marketing adalah pilihan yang tepat untuk anda. Cakupan wilayahnya cukup luas dan kemudahan untuk mengakses informasi yang disampaikan menjadi alasan mengapa anda harus memilih teknik ini. Gunakan bahasa dan cara penyampaian yang sederhana agar informasi yang disampaikan dapat dicerna dengan baik oleh audiens. Terakhir, pertimbangkan setiap faktor yang memungkinkan untuk menentukan teknik marketing yang akan anda pilih.

Demikianlah artikel mengenai “Digital Marketing vs Traditional Marketing”, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Jika anda membutuhkan jasa Digital Marketing, anda bisa mengunjungi website Digital Marketing berikut ini.

1 komentar:

  1. Mau tradisional atau digital, keduanya sama sama punya kelebihan dan kekurangannya masing masing. Contoh dari marketing digital saat ini lg trend menggunakan Email blast gratis

    BalasHapus

Sosial Media Marketing

Digital Marketing Tangerang - Sosial media marketing merupakan suatu teknik promosi melalui media digital sosial media. Sosial media da...